Cara Mengirim Cerpen Anak Ke Harian Solopos




Ada yang penasaran cara kirim cernak ke Solopos? Sebelumnya, dua minggu yang lalu cernak saya berjudul Sepatu Kulit dari Ibu dimuat di Solopos. Baiklah, kali ini saya akan sharing mengenai cara mengirim cerpen ke Harian Solopos.

1. Tulis naskah cerita anak yang panjangnya kira-kira 2-3 halaman atau sekitar 500-700 karakter. Tidak panjang-panjang ya, porsi cerita anak seperti apa bisa dipelajari sendiri dengan banyak-banyak membaca cerita yang sudah dimuat media.
2. Format tulisan standar, pakai font Times New Roman 12pt spasi 1,5.
3. Jangan lupa cantumkan data diri di bawah naskah. Data diri meliputi nama, alamat, nomor KTP, nomor NPWP, nomor HP, dan juga nomor rekening.
4. Kirimkan ke alamat pos-el redaksi Solopos : redaksi.minggu@solopos.co.id cc ke redaksi@solopos.co.id dan redaksi@solopos.com
Jangan lupa untuk menyalin data diri di badan pos-el di bawah surat pengantar teman-teman.


Pengalaman pertama saya sih, 2-3 minggu setelah pengiriman, naskah kita akan dimuat oleh Solopos. Waktu yang cukup cepat, ya. Tidak ada konfirmasi pemuatan, ya. Jadi penulis harus proaktif untuk mengecek koran Solopos sendiri. 

Oiya untuk honor akan dikirimkan ke nomor rekening yang sebelumnya sudah dicantumkan itu. Sama juga dengan sebelumnya, tidak ada konfirmasi dari redaktur mengenai pencairan honor. Tapi jangan khawatir, pihak keuangan Solopos sepertinya sangat tertib membayarkan honor kita. Ditunggu saja kira-kira 2 minggu kemudian setelah pemuatan. 

Sekian sharing cara kirim ke redaksi Solopos oleh saya kali ini. Semoga karya teman-teman juga segera menghiasi media-media dan menginspirasi anak-anak dengan bacaan yang asyik dan baik.

Semoga saya juga segera menyusul karya teman-teman untuk dimuat di media-media lainnya. Semangat menebar manfaat! 

No comments:

Post a Comment